18 Warga Terima Ganti Rugi Pembebasan Lahan Tol Priok

  • Peristiwa
  • 0
  • 26 Mar 2013 19:43

pembebasan-tolpriok130326c.jpg
Sebanyak 18 warga Tanjung Priok akhirnya menerima uang ganti rugi pembebasan lahan proyek Jalan Tol North South Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Mereka  telah menyerahkan berkas-berkas kepada petugas dari pihak Kementerian Pekerjaan Umum untuk didata, di Kantor Wali Kota Jakarta Utara, Jalan Yos Sudarso, Tanjungpriok, Jakarta Utara, Selasa (26/3) siang.

Sing (67), warga Jalan Raya Pelabuhan, telah menerima uang penggantian rugi dengan nilai appraisal yaitu Rp 12 juta per meter persegi. Bangunan yang dimilikinya memiliki luas 100 meter persegi.

"Saya tinggal di sini sudah keturunan yang kelima, tapi saya rela melepasnya rumah ini, karena ini buat kepentingan masyarakat," kata Sing di lantai 6, Gedung WaliKota Jakut, Selasa (26/3/2013).

Menurut Sing, Kementrian PU dan Pemerintah Kota Jakarta Utara kooperatif dengan para warga untuk masalah ganti rugi lahan.

"Berbeda pada tahun 1980-an, banyak warga yang dirugikan jika ada pembebasan lahan, tapi sekarang saya merasa pemerintah lebih adil dengan warga. Ganti rugi untuk lahan tanah dan bangunan berbeda, jadi kami mendapatkan dua jenis ganti rugi," tambahnya.

Sementara itu, Sekretaris Kota Jakarta Utara dan Ketua Panitia Pengadaan Tanah Jakarta Utara, M.Yuliadi mengatakan hingga saat ini masih terdapat 2 titik lahan belum selesai pembebasannya. Lahan tersebut adalah yang berada di jalur proyek pembangunan E2 sepanjang 2,74 km di Jalan Sulawesi, Koja, yang masih terdapat 86 bidang tanah belum dibebaskan.

"Dari 86 bidang, tadi sudah ada 12 yang akhirnya mau dibebaskan. Permasalahannya, warga yang tidak mau membebaskan lahannya itu enggan menerima harga appraisal yaitu Rp 12 juta per meter persegi, tapi mereka meminta Rp 35 juta per meter persegi," kata Yuliadi. (Ein)

Credit: Ein

Like this article?

0 likes & 0 dislikes


Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler