Sukses

Priyo: Jangan Tuduh Kopassus Penyerang Lapas Sleman

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso meminta agar masyarakat tidak menuduh oknum TNI dan prajurit Kopassus sebagai penyerang Lapas Sleman.

Wakil Ketua DPR Priyo Budi Santoso meminta agar masyarakat maupun lembaga pemerhati hukum untuk tidak menuduh oknum TNI dan prajurit Kopassus sebagai dalang pelaku penembakan 4 penghuni Lapas Cebongan, Sleman, beberapa waktu lalu.

"Jadi sebagai pimpinan dewan untuk yang mengurusi masalah Koordinator Politik Keamanan (Korpolkam) saya betul-betul harap ini peristiwa yang terakhir. Namun saya menyerukan kepada semua pihak untuk tidak tergesa-gesa menuding pada aparat TNI dan khususnya kepada Kopassus," kata Priyo di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Politisi Partai Golkar ini juga meyakini pasca-reformasi 1998 lalu, TNI dengan ikhlas dan sepakat untuk kembali ke barak. Menurutnya, hal itu merupakan hal yang bersejarah untuk ikut mengawal demokrasi di Indonesia yang telah dibangun saat ini.

"Saya menyarankan, semua pihak untuk tidak tergesa-gesa atau kita hentikan untuk menuduh pihak-pihak militer solah-olah mereka berada di belakang peristiwa tersebut," tuturnya.

Priyo berharap, peristiwa di Lapas Cebongan, Sleman, itu tidak boleh terulang lagi. Apalagi, lanjut dia, mengatasnamakan kelompok tertentu untuk main hakim sendiri. Lantaran hal itu tidak dibenarkan dalam tatanan undang-undang maupun kode etik di dalam negara berdemokrasi.

"Oleh karena itu memang sudah sewajarnya kita prihatin dan ini mudah-mudahan terjadi peristiwa yang terakhir kali," ucap Priyo. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini