Soekarwo: 33 DPD Sepakat SBY Ketua Umum Demokrat

  • Politik
  • 0
  • 26 Mar 2013 16:37

sby-ketum130325b.jpg
Ketua DPD Partai Demokrat Jawa Timur Soekarwo mengemukakan 33 Dewan Pimpinan Daerah Demokrat se-Indonesia sepakat Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) ditetapkan sebagai ketua umum pada kongres luar biasa di Bali, 30-31 Maret 2013.

"Para ketua DPD sudah bertemu dan mendiskusikan siapa ketua umum mendatang. Hasilnya, semua tidak ada yang menolak SBY," kata Soekarwo di Surabaya, Jawa Timur, Selasa (26/3/2013).

Soekarwo mengaku, pertemuan seluruh DPD itu digelar di Cikeas pada Minggu (24/3) lalu. Saat itu, semua ketua DPD menyampaikan usulan dan aspirasinya serta berharap SBY yang kini menjabat sebagai Presiden RI menerimanya.

Menurut Soekarwo, keinginan menjadikan SBY sebagai ketua umum hingga kongres 2015 sebagai upaya soliditas partai menghadapi Pemilihan Umum Legislatif dan Pemilihan Presiden 2014. Nantinya pda Kongres Luar Biasa (KLB) mendatang, semua ketua DPD akan menyampaikan pandangannya di hadapan peserta KLB dan Majelis Tinggi DPP.

"Seluruh DPD akan memberikan pandangan umumnya dan mendukung SBY. Ini karena bersifat 'ad hoc' sehingga keputusan juga harus 'ad hoc'. Apalagi hanya sampai 2015 awal, jadi sangat tepat menjadi ketua umum," kata politisi yang juga Gubernur Jawa Timur ini.

Selama kepemimpinannya hingga awal 2015, nantinya ketua umum hanya akan menandatangani tiga surat penting. Masing-masing surat daftar calon sementara, daftar calon tetap dan nama calon presiden.

"Hasil pertemuan sudah diketahui SBY dan mengaku akan menampung aspirasi serta memikirkannya hingga menjelang KLB. Nanti dua hari menjelang pelaksanaan, kami bertemu kembali," kata pria yang akrab disapa Pakde Karwo itu.

Tidak hanya itu, Pakde Karwo yang juga menjabat anggota Dewan Pembina Partai Demokrat juga mengatakan, dalam kongres kemungkinan besar akan ditunjuk ketua harian. "Ketua harian akan membantu ketua umum melaksanakan tugasnya. Tapi sampai sekarang belum ada pembicaraan tentang siapa yang menjabat karena keputusannya akan dibahas di KLB," kata dia.

Sementara untuk 38 DPC Partai Demokrat se-Jatim, Pakde Karwo mengaku sudah bulat dan menyerahkan dukungannya ke Ketua DPD. Sehingga dalam pelaksanaan KLB, Jatim sudah satu suara dan dipastikan tidak ada perpecahan. (ant/Ism)

Credit: Ism

Terpopuler