Sukses

Demo Kemendikbud, Massa Tuntut Pendidikan Gratis Tanpa Syarat

Demonstrasi yang dilakukan oleh 200 mahasiswa dalam orasinya di depan Gedung Kemendikbud menuntut pendidikan gratis.

Demonstrasi yang dilakukan oleh 200 mahasiswa yang tergabung dalam Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) dalam orasinya di depan Gedung Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan menuntut pendidikan gratis.

Salah satu orator yang menyampaikan orasinya menegaskan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Mohammad Nuh harus memberikan kejelasan untuk memberikan pendidikan gratis tanpa syarat.

"Biaya pendidikan semakin hari semakin baik. Maka jelas sikap kita bahwa kami menuntut pendidikan gratis tanpa syarat," teriak salah satu orator dalam aksi demonstrasi di depan Gedung Kemendikbud, Jl Jenderal Sudirman, Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Dia menuntut mundur Mohammad Nuh jika tidak dapat memenuhi tuntutan mereka. "Dan harus dilakukan dan dipastikan itu harus terlaksana segera. Seluruh penduduk Indonesia harus mendapatkan pendidikan yang layak dan gratis. Jika tidak dapat terpenuhi, kami desak Menteri Pendidikan untuk mundur dari jabatannya," tegas sang orator.

Dalam demonstrasi yang dilakukan ratusan mahasiswa SMI yang merupakan gabungan dari Kesatuan Perjuangan Organisasi Pemuda (KPOP) dan Gerakan perjuangan Mahasiswa Jakarta (GPMJ) itu membuat macet Jalan Sudirman di depan Gedung Kemendikbud.

Pihak kepolisian dari Brimob Polda Metro Jaya yang berjumlah 80 personel terlihat berjaga di dalam gerbang Gedung Kemendikbud untuk mengawal jalannya unjuk rasa. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini