Sukses

SBY Anggap Penyerangan Lapas Sleman Serangan Atas Wibawa Negara

Selain telah menghasilkan ancaman serius terhadap rasa aman publik, serangan itu juga memporakporandakan kepercayaan umum terhadap supremasi hukum di Republik ini.

Presiden Susilo Bambang Yudhoyono angkat bicara soal pembunuhan kelompok bersenjata api terhadap empat tahanan Lembaga Pemasyarakatan Cebongan di Sleman, DI Yogyakarta.

"Penyerangan tersebut adalah serangan langsung terhadap kewibawaan negara. Selain telah menghasilkan ancaman serius terhadap rasa aman publik, serangan itu juga memporakporandakan kepercayaan umum terhadap supremasi hukum di Republik ini," kata Staf Khusus Presiden Bidang Komunikasi Politik Daniel Sparingga mengutip pernyataan SBY di Jakarta, Selasa (26/3/2013).

Penembakan di Lapas Sleman, Sabtu (23/3/2013) dinihari, menyebabkan empat tersangka kasus pembunuhan mantan anggota Komando Pasukan Khusus (Kopassus) TNI AD Sersan Satu Santoso (31) di Hugo's Cafe , yakni, Angel Sahetapi alias Deki (31), Adrianus Candra Galaga alias Dedi (33), Gameliel Yermiayanto Rohi alias Adi (29) dan Yohanes Yuan (38) tewas.

Daniel mengatakan, SBY telah memerintahkan Kapolri Jenderal Timur Pradopo untuk mengungkap pelaku dan memastikan semua yang terlibat dapat diadili. SBY juga telah menginstruksikan Panglima TNI Laksamana Agus Suhartono agar seluruh jajarannya memberikan kerja sama penuh untuk membantu Polri.

SBY juga menerima perkembangan informasi setiap saat dan memastikan terdapat kemajuan untuk mendekatkan pada identitas para pelaku.

"Presiden menyerukan agar masyarakat ikut memberi dukungan dan mengawal proses pengungkapan ini," kata Daniel. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini