Sukses

Mahasiswa Protes Kapitalisme UU Sisdiknas

Pendemo minta agar DPR dan pemerintah mencabut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 dan UU Dikti Nomor 12 Tahun 2012.

Sekitar 200 mahasiswa mengatasnamakan Serikat Mahasiswa Indonesia (SMI) berdemonstrasi memprotes sistem pendidikan di Indonesia yang tertuang dalam Undang-Undang Sisdiknas dan UU Dikti. Mereka memprotes kapitalisme masuk dalam kedua UU itu.

Pantauan Liputan6.com di Jakarta, Selasa (26/3/2013), massa menggunakan empat bus sedang turun di dekat pintu gerbang JCC, Gatot Subroto. Mereka long march menuju Gedung DPR/MPR Jakarta. Selain membawa sejumlah bendera merah putih, massa SMI juga membentangkan empat spanduk besar bertuliskan tuntutan.

Pendemo mengajukan empat tuntutan. Yaitu, melawan sistem kapitalisme di bidang pendidikan, menolak Pemilihan Umum 2014 yang borjuisasi. Karena itu, massa minta agar DPR dan pemerintah mencabut UU Sisdiknas Nomor 20 Tahun 2003 dan UU Dikti Nomor 12 Tahun 2012.

"Sistem kapitelisme merugikan rakyat sehingga UU Sisdiknas dan UU Dikti harus dicabut," seru para pendemo.

Demonstrasi itu sempat memacetkan arus lalu lintas di depan gedung DPR kepadatan. Puluhan personel kepolisian dari Polres Jakarta Selatan mengawal demonstrasi tersebut.(Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.