Sukses

Juru Kunci Sultan Sulu Penyusup Sabah Ditangkap Malaysia

"Dia adalah juru kunci pasukan Sulu bersama adik Sultan Kiram, bernama Agbimuddin -- yang melarikan diri ke Mindanao," kata Deputi Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar Kata Amir Bahar.

Konflik memperebutkan wilayah Sabah antara pemerintah Malaysia dan Kesultanan Sulu Filipina belum berakhir. Penyisiran pasukan dan kerabat Sultan Sulu yang menyusup Sabah sejak Februari lalu masih berlanjut.

Setelah menangkap ratusan pasukan Sulu, kini Malaysia membekuk kerabat Sultan Sulu, yakni keponakan  Amirbahar Hushin Kiram (50) beserta istri, Gina Taves Kiram (47).

Pasangan suami istri itu ditangkap di daerah rawa di Kampung Sri Melor Bugaya, Semporna. Kini keduanya ditahan Malaysia.

"Dia (Amirbahar) adalah juru kunci pasukan Sulu bersama adik Sultan Kiram, bernama Agbimuddin -- yang melarikan diri ke Mindanao. Ia bakal dijerat pelanggaran keamanan," kata Deputi Inspektur Jenderal Polisi Tan Sri Khalid Abu Bakar Kata Amir Bahar, seperti dilansir Kantor Berita Malaysia, Bernama, Senin (25/3/2013).

Menurut dia, Amirbahar beserta istrinya telah membantu memberi pasokan makanan untuk anggota loyalis Sulu. "Mereka mengkoordinasi pasukan Sulu.

Menanggapi hal ini, juru bicara Sultan Sulu Abraham Idjirani membenarkan ada Amirbahar di Sabah. Menurutnya, ia adalah putra Sultan Ismael Kiram Bantilan yang merupakan adik Jamalul III. (Riz)

 



* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini