Sukses

Gus Choi: SBY Manfaatkan Isu Kudeta Untuk Dikasihani

Mantan anggota Komisi I DPR Effendi Choiri atau Gus Choi angkat bicara soal isu penggulingan SBY.

Mantan anggota Komisi I DPR Effendi Choiri angkat bicara soal isu demonstrasi yang berujung penggulingan pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Pria yang akrab disapa Gus Choi ini menyatakan, SBY memanfaatkan isu kudeta yang diangkat Majelis Kedaulatan Rakyat Indonesia (MKRI) untuk kepentingannya.

"Mungkin saja dia (SBY) memanfaatkan isu ini untuk kepentingan mereka. Sebelum ada gerakan ini, SBY kan memanggil para mantan jenderal dan ormas-ormas Islam, termasuk NU, pimpinan redaksi. Ini mungkin kekhawatiran dia. Dan dia minta ditolong serta dikasihani," ujar Gus Choi di Gedung Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Jalan Diponegoro, Menteng, Jakarta Pusat, Senin (25/3/2013).

Menurut dia, isu kudeta itu tidak mungkin bisa dilakukan oleh warga sipil. Kudeta hanya bisa dilakukan oleh tentara. Dan SBY sebagai Presiden mungkin tidak memahami istilah gerakan rakyat.

"Kalau rakyat itu gerakan rakyat. Tapi kalau kudeta, mungkin SBY tidak memahami istilah dalam sebuah gerakan," cetus mantan anggota Fraksi Kebangkitan Bangsa DPR RI ini.

Dia menilai, apa yang dilakukan MKRI merupakan bentuk aspirasi rakyat yang sah secara konstitusi. Sehingga, pemerintah seharusnya mendengarkan apa yang mereka sampaikan.

"Mereka hanya menyampaikan aspirasi, bukan angkat senjata. Yang penting di tempat ini, rakyat tidak dimanfaatkan oleh orang yang menggunakan senjata. Kemudian seolah-olah jika ada yang melakukan kesalahan, rakyat yang disalahkan. Saya kira mereka ini tulus dan ikhlas menyampaikan aspirasi," tutup Gus Choi. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.