Sukses

Penjara Nigeria Diserang, 25 Tewas 127 Napi Kabur

Juru bicara kepolisian negara Mohammed Ibrahim menyatakan, penyerangan ini mengakibatkan 25 orang tewas dan 127 narapidana kabur.

Selain di Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), penyerangan penjara juga terjadi di belahan benua Afrika. Yakni di Kota Ganye, Adamawa, Nigeria. Penyerangan ini mengakibatkan 25 orang tewas dan 127 narapidana (napi) kabur.

Juru bicara kepolisian negara Mohammed Ibrahim menyatakan, selain menyerang penjara, kelompok bersenjata tersebut juga membabat habis kantor polisi, rumah makan, dan bank di Kota Ganye.

"Kejadian terjadi pada Jumat 22 Maret. Kini baru diketahui jumlah napi yang kabur sebanyak 127 orang dan 25 orang tewas," kata Ibrahim, seperti dilansir Nigeria Guardian, Senin (25/3/2013).

Dijelaskan dia, para pelaku melakukan serangan membabi buta secara brutal, hingga membakar bank. "Pelaku menjarah kemudian membakar bank," ungkap Ibrahim.

Saksi mata, Barnabas Haruna menceritakan, saat menyerang, para pelaku menyerukan slogan-slogan khas mereka. Kemudian menembakkan dan meledakkan lingkungan sekitar.

"Saya ngumpet di dalam meja lalu melarikan diri," ujar Haruna.

Menurut dia, serangan berlangsung selama 3 jam sejak jam 5 sore, waktu setempat. "Kelompok tersebut meneror warga sekitar," ucap Haruna.

Hingga saat ini, belum diketahui kelompok mana yang bertanggung jawab atas serangan tersebut. BBC melaporkan, para pelaku diduga berasal dari kelompok Boko Haram yang selama ini menyulut kerusuhan di Nigeria. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini