Sukses

VIDEO: Asnaini, Kades Wanita Pembawa Perubahan di Aceh

Kini, Pegasing dikenal sebagai desa yang maju dengan pembangunan berbagai sarana yang berlangsung cepat.

Desa Pegasing di Kecamatan Pegasing, Aceh Tengah terdiri dari 3 dusun dan dihuni sekitar 500 jiwa. Sebagian besar warga desa hidup sebagai petani. Kini, Pegasing dikenal sebagai desa yang maju dengan pembangunan berbagai sarana yang berlangsung cepat.

2 Tahun lalu, Desa Pegasing belum dianggap desa maju. Kala itu, pembangunan berjalan lambat. Sebagian besar warga desa miskin. Kini warga desa setuju bahwa dinamika desa ini telah berubah, mengarah pada kemajuan pesat berkat sang kepala desa, Asnaini -- satu-satunya kepala desa perempuan di Aceh Tengah.

Karya Asnaini untuk warga Desa Pegasing bukan hanya jaringan listrik. Ia juga memperkenalkan berbagai terobosan, mulai dari koperasi simpan pinjam perempuan, perbaikan jalan secara berkala, penampungan air bersih hingga tempat pemandian khusus wanita.

Asnaini yang terpilih secara demokratis ini dikenal gemar terjun langsung ke sudut-sudut desa untuk mengenal situasi dan mendengar langsung keluhan warga. Walau jadi kepala desa pilihan warga, bukan berarti langkah Asnaini selalu mudah.

Seperti wanita-wanita lain di daerah ini, Asnaini menghadapi tantangan, terutama tantangan budaya. Karena sepak terjangnya, termasuk dalam memperjuangkan hak-hak perempuan, Asnaini meraih sejumlah penghargaan. Di antaranya Aceh Awards 2012.

Wanita yang menempuh pendidikan hingga SMA ini lahir dari keluarga petani sederhana. Walau sibuk sebagai kepala desa, Asnaini tidak pernah lalai mengurus rumah tangga. Dan langkah Asnaini membimbing desanya semakin maju sampai saat ini belum berhenti. Sekarang, Asnaini berusaha mewujudkan jaminan kesehatan untuk warganya yang tidak mampu.

Mau tahu sosok dan kisah Asnaini selengkapnya. Lihat saja videonya. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.