Sukses

Kalapas: Sebelum Diserang, Kami Berencana Kembalikan 4 Tersangka

Lapas Cebongan sebenarnya sudah mengkhawatirkan adanya titipan 4 tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus tersebut.

Penyerangan Lapas Cebongan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta menyisakan trauma bagi para sipir dan penghuni lapas. Betapa tidak, kawanan bersenjata secara membabi buta menerobos lapas hingga membunuh 4 tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus.

Kepala Lapas Kelas IIA Cebongan, Sleman, Sukamto menyatakan, pihaknya sebenarnya sudah mengkhawatirkan adanya titipan 4 tersangka kasus pembunuhan anggota Kopassus tersebut.

"Pihak LP sebenarnya sudah berencana mengembalikan 4 tersangka tersebut ke Polda DIY, karena khawatir tentang keamanannya. Rencananya, pengembalian akan dilakukan Sabtu siang kemarin," ujar Sukamto di Lapas Cebongan, Sleman, Minggu (24/3/2013).

"Namun belum sampai dikembalikan, peristiwa penyerangan sudah terjadi dan menewaskan mereka," sambung dia.

Hingga saat ini, pihak berwenang masih menyelidiki insiden tersebut. Serta memburu para pelaku penyerangan. TNI dan Polri diminta segera melakukan investigasi bersama untuk mengusut penyerangan lapas Cebongan, Sleman.

"TNI dan Polri harus menginvestigasi bersama tentang tragedi penyerangan lapas Sleman dan kejahatan pembunuhan yang terjadi, untuk mengungkap peristiwa yang sesungguhnya terjadi," kata Mantan Menteri Hukum dan HAM Yusril Ihza Mahendra di Jakarta, Minggu (24/3/2013). (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.