Sukses

Din Syamsuddin: Muslim Indonesia Berpotensi Jadi Role Model Dunia

"Indonesia adalah negara Muslim demokrat terbesar di dunia dan mempunyai ajaran moderat yang berpotensi sangat kuat menjadi role model dunia."

Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin mengatakan Indonesia adalah negara Muslim demokrat terbesar di dunia dan mempunyai ajaran moderat yang berpotensi sangat kuat menjadi role model dunia, bagi negara-negara demokrat lainnya.

"Beliau menyampaikan hal itu saat bertemu masyarakat dan para pelajar Indonesia yang tergabung dalam PPI London Inggris Raya di Ruang Crutacala, KBRI London," kata Ketua Perhimpunan Pelajar Indonesia di London, Novian Herbowo di London, Minggu (24/3/2013).

Din menjelaskan, Indonesia sebagai negara dengan penduduk yang berpihak kepada 'garis tengah'. "Inter-Religion Council of Indonesia (IRC) merupakan contoh gerakan garis tengah yang dimaksud. Namun tidak bisa dipungkiri bahwa konflik-konflik yang terjadi di Indonesia, termasuk perseturuan antaragama merupakan masalah yang masih harus ditanggapi secara kritis," ujar Din yang juga mantan Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia itu.

Dalam ceramah yang sangat inspiratif, kata Novian, Din Syamsuddin mengingatkan masyarakat Indonesia di London untuk hidup di bawah etika keberagamaan, multikulturalisme dan ajaran Pancasila.

"Pemimpin dari berbagai latar belakang harus membentuk sebuah koalisi agar dapat menjaga perdamaian masyarakat Indonesia," kata Din selaku tokoh yang pernah menjabat Dirjen Binapenta Departemen Tenaga Kerja RI dan Ketua Litbang Golongan Karya itu.

Pada sesi tanya-jawab, para peserta ikut berdiskusi dengan Din Syamsuddin. Walaupun isu-isu yang dibicarakan cukup berat, suasana santai dan ramah terus terasa selama acara berlangsung.

Novian menyatakan, kesempatan untuk bertemu Din Syamsuddin merupakan pengalaman yang menarik dan sangat berharga. Dalam acara pertemuan, tidak hanya mahasiswa Indonesia yang hadir, tetapi juga berbagai kelompok masyarakat Indonesia di London.

"Selain memberi sarana untuk bersilahturahmi, pertemuan dengan Din Syamsuddin mampu meningkatkan jiwa nasionalisme kami," ujar Novian yang mengaku tinggal di luar negeri memberi kesempatan bagi masyarakat Indonesia untuk mampu hidup damai lintas agama dan suku.

Kepada pelajar Indonesia di Inggris, Din Syamsuddin mengimbau untuk menggunakan waktu dengan baik untuk belajar dan berkembang menjadi role model bagi penduduk Indonesia. (Ant/Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini