Usai Earth Hour, Jokowi Mengarah ke Jakarta Green Building

on Mar 24, 2013 at 07:41 WIB

Gubernur DKI Jakarta Jokowi memimpin kampanye earth hour dengan pemadaman listrik selama 1 jam di kawasan Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat Sabtu (23/3) pukul 21.30 WIB. Lelaki bernama lengkap Joko Widodo itu senang, aksi ini berhasil menghemat listrik sebesar 236 megawatt.

"Tadinya  214 megawatt, sekarang 236  megawatt. Ini ada peningkatan penghematan. Setiap tahun naik, mungkin nanti diikuti seluruh kota dan kabupaten di Indonesia akan ikut naik," Jokowi di Tugu Proklamasi, Menteng, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2/2013).

"Selanjutnya, kita harus mulai green building, eco building, dan penghematan di segala bidang. Di DKI Jakarta bangunannya akan kita arahkan ke eco building dan green building," imbuhnya.

Sementara, Manajer PLN Pengatur Area Distribusi Jakarta dan Tangerang Bimo Samudro menuturkan, penghematan energi listrik ini mengalami peningkatan bila dibandingkan dengan aksi sama yang dilakukan pada 2012 lalu. Penghematan yang dihasilkan pada 2012 hanya sebesar 213 watt.

"1 Jam pemadaman di wilayah Jakarta tadi berhasil menghemat beban listrik sebesar Rp 260 juta. Perbandingan harinya 1 minggu, dari Sabtu ke Sabtu sekarang," kata Bimo.

"Ada peningkatan dibandingkan dengan tahun lalu. Pada 2012 penghematannya 213. Jadi selisihnya cukup besar. Ini berarti antusias warga ikuti kegiatan ini meningkat," pungkas Bimo. (Ndy)
Suka artikel ini?

0 Comments