Sukses

VIDEO: Bahaya di Balik Pendulangan Emas Ilegal

Tanah Sumatera masih menyimpan harta karun. Kandungan emasnya yang kaya menarik para penambang ilegal ramai-ramai menggali tanah Sumatera.

Tanah Sumatera masih menyimpan harta karun. Kandungan emasnya yang kaya menarik para penambang ilegal ramai-ramai menggali tanah Sumatera. Namun di balik kilau emasnya, tanpa disadari aktivitas penambangan dan pendulangan emas secara ilegal menyimpan bahaya yang mengintai.

Bebatuan yang mengandung emas harus dihancurkan terlebih dahulu. Setelah hancur, batu yang hancur itu dimasukan ke dalam sebuah alat bernama gelundung.

Di dalam gelundung, kemudian batu dioplos dengan air dan zat pamungkas pengikat emas, yaitu merkuri alias air raksa. Logam berat ini memiliki potensi bahaya yang sangat besar bagi kesehatan dan pencemaran lingkungan.

Dalam seminggu, 1 tempat usaha gelundung saja bisa menghabiskan 1 kilogram merkuri. Akibat penambangan emas liar yang jumlahnya cukup banyak ini, ratusan bahkan lebih dari 1.000 kilogram merkuri mengalir dan menyatu dengan aliran air sungai. Mengerikan.

Berikut video hasil penelusuran Tim SIGI SCTV selengkapnya. (Luq/Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini