Sukses

DPR: Penyerangan Lapas Sleman Ancaman Bagi NKRI

"Kalau semua orang bisa berbuat seperti ini, maka ini ancaman terhadap NKRI. Negara sudah mengabaikan upaya perlindungan terhadap rakyatnya," tegas Hasanudin.

Aksi penyerangan yang terjadi di Lapas Cebongan, Sleman, Yogyakarta, menewaskan 4 tahanan titipan Polda Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY). Keempatnya tewas tertembak. Kejadian ini pun disesalkan DPR.

Anggota Komisi I DPR Tubagus Hasanudin menyatakan, kejadian yang menakutkan ini dapat mengancam keamanan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

"Pertama, sekian belas pucuk senjata kok bisa begitu bebas pindah tangan tanpa izin? Di mana kontrol yang dilakukan oleh satuan masing-masing," ujar politisi PDIP itu kepada Liputan6.com di Jakarta, Sabtu (23/3/2013).

"Kalau semua orang bisa berbuat seperti ini, maka ini ancaman terhadap NKRI. Negara sudah mengabaikan upaya perlindungan terhadap rakyatnya," tegas Hasanudin.

Penyerangan Lapas Cebongan terjadi pada pukul 02.00 WIB dini hari tadi. Kelompok penyerang yang bersenjata api itu diduga berjumlah 17 orang. Mereka mencari 4 korban yang merupakan tersangka pembunuhan anggota Kopassus dari Grup 2 Kandang Menjangan Sertu Heru.

Petugas yang berjaga pun menunjukan tempat penahanan keempatnya. Setelah itu, kelompok penyerang tersebut membunuh korban. Setelah korbannya tewas, para penyerang pun lari meninggalkan ruang tahanan. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini