Menkumham: Penyerangan di Lapas Sleman Perbuatan Keji

  • Politik
  • 0
  • 23 Mar 2013 17:00
Menteri Hukum dan HAM Amir Syamsudin mengecam penyerangan kelompok bersenjata di Lapas Kelas II B Cebongan, Sleman, DIY. Insiden itu menewaskan 4 tahanan yang diduga pelaku pengeroyokan anggota Kopassus hingga tewas.

"Kelompok pelaku telah melakukan perusakan fasilitas negara, menyerang aparatur negara dan melakukan pembunuhan keji," kata Amir Syamsudin saat sidak di Lapas II B Cebongan, Sabtu (23/3/2013). 

Ia juga mengucapkan bela sungkawa kepada keluarga korban atas insiden itu. Ia juga minta maaf 4 tahanan yang merupakan titipan Polda DIY harus meregang nyawa.

"Selaku Menteri Hukum dan HAM, saya menghaturkan belasungkawa yang sedalam-dalamnya dan minta maaf kepada keluarga korban dan petugas sipir atas insiden ini," imbuh Amir.

Ia berharap aparat penegak hukum dalam hal ini Polda DIY secepat mungkin mengusut dan menangkap pelaku. "Kami harapkan aparat penegak hukum segera menangkap pelaku dan diproses hukum," katanya.

Amir yang merupakan menteri asal Partai Demokrat ini juga telah mendengar kronologis kejadian secara lengkap atas insiden tersebut. Namun, ia tidak ingin berkomentar banyak.

"Saya tidak ingin komentar terlalu jauh. Saya juga tidak ingin mendistorsi upaya penegak hukum yang sedang dilakukan. Saya hanya menyampaikan kepada pihak berwenang agar serius, transparan dan terbuka. Karena ini bukan peristiwa sederhana, Peristiwa (penyerangan lapas) ini pertama kali di Indonesia," imbuh Amir.

Tentang dugaan kelompok pelaku berasal dari oknum aparat penegak hukum, Ia tidak mau berspekulasi dan menyerahkan semua kepada penegak hukum.

"Berikan kesempatan kepada aparat penegak hukum. Jangan berspekulasi. Semua pihak harus bisa menahan diri," imbuh Amir.(Ant/Adi)
Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler