Sukses

Polda DIY Titipkan 11 Tahanan karena Rutan Sedang Renovasi

Total 11 tahanan yang dititipkan. Empat dari mereka terkait penusukan anggota Kopassus.

Empat tahanan titipan Polda DIY di Lapas Kelas II A Sleman tewas akibat diserang 17 kawanan bertopeng dan bersenjata. Mereka diberondong peluru saat berada di dalam kamar tahanan 5A.

Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Suhardi Aliyus mengatakan, tahanan dititipkan karena kebetulan ruang tahanan di Polda dalam kondisi direnovasi.

"Sehingga 11 tahanan dititipkan, dari Polda DIY ke Lapas. Diantara 11 itu, ada 4 orang yang merupakan pelaku penganiayaan terhadap almarhum Santoso (anggota Kopassus) yang meninggal tanggal 14 Maret lalu," kata dia, Sabtu (23/3/2013).

Saat ini, Kadiv Humas menambahkan, pihaknya masih melakukan pengusutan. "Semua bukti yang ada terkait itu sedang dikumpulkan. Mengenai saksi sudah ada 15 yang diperiksa. Jumlahnya akan bertambah, baik itu dari saksi penjaga atau sipir, juga tahanan di sekitar lokasi korban ditembak."

Proses otopsi korban juga sedang dilakukan. "Kamis sedang mengembangkan penyelidikan yang baik. Semoga dalam waktu singkat bisa dituntaskan."

Sebelumnya, tim pengacara 4 korban tewas  meminta polisi bertanggungjawab atas kejadian tersebut.

"Kami minta Polda DIY bertanggung jawab atas kematian klien kami. Kangat kecewa klien kami dipindahkan ke Lapas Cebong Sleman hanya karena fasilitas tahanan Polda DIY sedang direnovasi," ujar Rio Rama Baskara.

Ia menambahkan tim pengacara akan melihat perkembangan kasus ini sebelum memutuskan untuk melakukan langkah-langkah hukum lanjutan. (Ein)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini