Sukses

Kronologi Kebakaran Gedung Versi Sekretaris Mensesneg

Kebakaran terjadi daat pegawai sudah pulang kerja. Asap mulai menghambur pad apukul 16.50 WIB.

Kebakaran hebat terjadi di Gedung Sekretariat Negara di Jalan Veteran, Jakarta Pusat. Ruang rapat kabinet paripurna lantai 3 gedung itu ludes dilalap si jago merah.

Sekretaris Mensesneg Lambock V Nahattands menuturkan kronologi kebakaran itu. Api mulai melahap lantai 3 Gedung Setneg saat pegawai sudah pulang.

"Kebakaran itu terjadi sekitar 16.50 WIB. Kebakaran itu di Gedung Setneg lantai 3, bukan Istana," kata Lambock di Gedung Setneg, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Saat itu, sambung Lambock, asap telah menghambur ke segala arah. Asap tercium hingga di lantai bawah gedung. "Begitu ada bau asap, dari UKD (Unit Keamanan Dalam) lari ke atas," katanya.

Petugas yang sampai di lantai 3 itu, langsung mendobrak pintu ruangan yang terbakar. Namun, asap sudah begitu pekat. Meski demikian, petugas berupaya melakukan pemadaman dengan alat pemadam yang tersedia.

"Tapi karena api sudah besar, alat seperti itu tidak mampu memadamkan. Kalau di berita kan peralatan tidak berfungsi, justru berfungsi," ujar Lambock.

Namun, karena api sudah sangat besar, alat-alat pemadam yang berada di sekitar gedung tidak mampu mengatasi kobaran. Sehingga, diputuskan memanggil pemadam kebakaran.

Beruntung, petugas pemadam segera datang. Api yang berkobar itu dilokalisir, sehingga tidak merembet ke bagian lain. Api yang mengamuk itu segera dipadamkan. "Dalam 1 jam selesai," kata Lambock. (Eks)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini