Sukses

Setneg Kebakaran, Jokowi Audit Gedung-gedung di Jakarta

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berencana mengaudit sistem keamanan kebakaran seluruh gedung di ibukota.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo berencana mengaudit sistem keamanan kebakaran seluruh gedung di ibukota. Hal ini menyusul kasus kebakaran Gedung Sekretariat Negara pada Kamis (21/3) sore.

"Akan ada audit bangunan meliputi masalah-masalah fasilitas kebakaran dan yang berkaitan dengan banjir," kata pria yang akrab disapa Jokowi itu di Balaikota, Jakarta, Jumat (22/3/2013).

Menurutnya, audit akan mulai dilakukan pada awal April. "Timnya mau bergerak awal April. Sebelumnya saya sudah ngomong nanti setelah (musim) hujan habis," ujarnya.

Audit ini, lanjut Jokowi, akan melibatkan sejumlah pihak. "Nantinya lembaga terkait akan mengecek semuanya, karena hanya ada springkel yang hanya pasang saja tapi tidak bunyi," ujarnya.

Jokowi menjelaskan, pihaknya tak akan ragu-ragu untuk mencabut izin suatu gedung yang tidak lolos audit. "Bisa saja cabut izin, kan ada aturannya. Kalau tidak paling segera diberi peringatan untuk segera diperbaiki," ujarnya.

Lantai 3 Gedung Setneg yang berada di Kompleks Kepresidenan terbakar pada Kamis sore. Tak ada korban jiwa maupun dokumen yang terbakar dalam kejadian itu. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.