Sukses

Warga Mojokerto Menemukan Benda Purbakala

Warga Kecamatan Jati Rejo, Mojokerto, Jatim, menemukan gentong yang diperkirakan berasal dari zaman Majapahit. Untuk sementara, benda purbakala itu masih dibiarkan berada di dalam gua.

Liputan6.com, Mojokerto: Tempat untuk menyimpan air atau gentong yang diperkirakan berasal dari zaman Majapahit ditemukan warga saat menggali di gua Candi Limo, Kecamatan Jati Rejo, Mojokerto, Jawa Timur, baru-baru ini. Saat ditemukan, benda purbakala tersebut berada di sebuah lorong gua dan terkubur dalam gundukan tanah. Untuk sementara, benda purbakala itu dibiarkan berada di dalam gua karena dikhawatirkan akan merusak struktur bangunan gua bila dipindahkan.

Berdasarkan pemantauan SCTV, gua yang ditemukan warga setempat sekitar tiga pekan silam itu kondisinya rawan longsor. Sebab, di mulut gua tidak dibangun tiang penyangga. Padahal, setiap Sabtu dan Ahad, ratusan pengunjung datang ke gua ini. Mereka dikenakan biaya masuk sukarela yang dikoordinir karang taruna setempat. Ironisnya, hingga kini Pemerintah Kabupaten Mojokerto belum turun tangan untuk menyelamatkan gua, yang diperkirakan sudah ada sejak zaman Majapahit.(PIN/Tim Liputan 6 SCTV)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini