Sukses

Jokowi: Bantuan Sekolah Bukan Dihapus, Sistemnya Diperbaiki

"Sistemnya saja yang diperbaiki, dibenahi, bukan dihilangkan," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Dalam beberapa hari terakhir, Pemprov DKI Jakarta dikabarkan akan menghapus Bantuan Operasional Pendidikan (BOP).

Kabar itu dibantah Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo. Bantuan tersebut, menurutnya, hanya akan dievaluasi dan mengubah sistem pemberiannya.

"Sistemnya saja yang diperbaiki, dibenahi, bukan dihilangkan," ujar Jokowi di Balai Kota DKI Jakarta, Kamis (21/3/2013).

Menurutnya, pembenahan yang akan dilakukan tidak akan menghapus sekolah gratis yang selama ini dananya di ambil dari BOP. "Bukan sekolah gratisnya yang hilang, bukan BOP hilang," kata dia.

Sebelumnya, Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama mengatakan rencana pengurangan BOP untuk siswa tidak mampu di sekolah-sekolah sedang dalam proses penelaahan. Dinas Pendidikan DKI Jakarta masih mengkajinya.

"Pokoknya sebelum tahun ajaran baru, harus sudah ada keputusannya," ujar Ahok, Selasa (19/3/2013).

Menurut Ahok, langkah itu akan diambil untuk memberikan keadilan kepada semua sekolah, baik negeri maupun swasta. Dinas Pendidikan mendata untuk mendapatkan data akurat tentang siswa yang tak mampu dan mampu. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini