by Rizki Gunawan

Konflik di Myanmar, 1 Biksu Tewas 4 Masjid Dibakar

  • Internasional
  • 0
  • 21 Mar 2013 14:40

Konflik antaragama kembali terjadi di Myanmar. Kerusuhan terjadi di sebuah toko emas di Meiktila, Myanmar. Akibatnya 2 orang, termasuk 1 biksu tewas. 6 Orang lainnya luka-luka, serta 4 masjid dibakar.

Berdasarkan laporan akun resmi Facebook resmi Kepolisian Meiktila, seperti dilansir Al-Jazeera, Kamis (21/3/2013), sekitar 200 orang terlibat dalam kerusuhan. Hingga memecah ke pusat kota Meiktila.

"Kejadian terjadi pada Rabu 20 Maret siang. 1 Biksu terluka dan warga bernama Than Myint Naing (26) cedera karena rumah sakit yang mereka tempati terbakar," lapor akun kepolisian tersebut.

Menurut kepolisian, kerusuhan berawal saat seorang pria terluka di toko emas. Pria tersebut cedera saat mengantre. Namun belum diketahui pasti penyebab kenapa si pria terluka.

"Tak lama kemudian, puluhan orang turun. Bentrokan pun terjadi," jelas kepolisian lokal.

Untuk mengantisipasi bentrok susulan, kepolisian bersiaga di lokasi dari malam hingga pagi. "Saat itu, orang-orang mencoba membakar masjid," ungkap salah satu polisi lokal.

Koresponden Al-Jazeera melaporkan dari Bangkok, status darurat telah diberlakukan di wilayah tersebut. "Banyak penduduk yang mengungsi ke luar," ujarnya.

Konflik di Myanmar ini mengingatkan kembali pada kejadian 1 tahun silam. Mulai Oktober 2012 lalu, kasus kekerasan dan diskriminasi terjadi pada warga minoritas Muslim Rohingya di Myanmar. Tercatat 180 orang tewas dan lebih dari 110 ribu lainnya mengungsi ke negara lain. (Riz)

Comments 0
Sign in to post a comment
Terpopuler