Sukses

Kala Jokowi Bicara Demokrasi

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapatkan penghargaan Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online. Lantas apa makna demokrasi bagi Jokowi?

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mendapatkan penghargaan Democracy Award dari Rakyat Merdeka Online. Penghargaan tersebut diberikan karena ia dianggap berjasa dalam memperkuat demokrasi di Tanah Air. Lantas apa makna demokrasi bagi pria yang akrab disapa Jokowi ini?

"Demokrasi..," ucap Jokowi sambil terdiam sejenak. "Demokrasi itu harus mendengar, demokrasi itu harus bisa mensejahterakan (rakyat), dan demokrasi bisa menghidupi," sambung Jokowi di Jakarta, Rabu (20/3/2013) malam.

Jokowi dinilai layak mendapat penghargaan tersebut lantaran gayanya yang tak pernah absen blusukan dan kedekatannya dengan rakyat. Hal itu menjadi contoh nyata bagaimana sosok yang menerapkan demokrasi di Indonesia.

Penghargaan serupa juga diberikan kepada tokoh perubahan Rizal Ramli,  pakar hukum tata negara Yusril Ihza Mahendra, Menteri Koperasi dan UKM Syarief Hasan, pendiri Lingkaran Survei Indonesia Denny JA, dan Ketua Umum Partai Nasdem Surya Paloh.(Ali)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.