Sukses

KPK: Kasus Daging Sapi Bagian Dari Disorientasi Beragama

Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq ditangkap dan ditahan KPK karena diduga terlibat dalam kasus suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian.

Mantan Presiden PKS Luthfi Hasan Ishaaq ditangkap dan ditahan KPK karena diduga terlibat dalam kasus suap impor daging sapi di Kementerian Pertanian. Menurut Wakil Ketua KPK Busyro Muqoddas, kasus itu telah menunjukkan terjadinya disorientasi beragama.

"Sekarang ini terjadi disorientasi berbangsa dan beragama. Kasus daging sapi itu menarik poin tentang beragama," ungkap Busyro saat menjadi pembicara diskusi bertema 'Caleg dan pencegahan Korupsi Politik' di Kantor DPP PPP, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Ia pun mempertanyakan apakah negara atau parpol mencerminkan karakter koorporasi yang dijadikan pragmatis. Karena menurutnya, kondisi masyarakat yang sudah tidak kritis dan pragmatis akan lemah dalam melakukan kritik dan kontrol.

"Pola hubungan antara parpol yang di DPR dan rakyat bersifat transaksional. Kemudian terjadi kemiskinan SDM dari parpolnya. Maka masa depan kaderisasi parpol terancam," kata Busyro.

Akibatnya, lanjut dia, kalau parpol merekrut kader-kader yang bermasalah, maka memunculkan pembohongan-pembohongan yang sistematis terhadap masyarakat.

"Parpol yang pragmatis tidak menginginkan masyarakat yang kritis, karena masyarakat yang kritis itu dia akan mengontrol dirinya sendiri," ucapnya. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.