Sukses

Yayuk Basuki: Tes Bakal Caleg PAN Tak Membedakan Status

Mantan Petenis Olimpiade Yayuk Basuki mengikuti tes psikologi bakan calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN).

Mantan Petenis Olimpiade Yayuk Basuki mengikuti tes psikologi bakan calon anggota legislatif dari Partai Amanat Nasional (PAN). Ia mengatakan, proses perekrutan PAN ini benar-benar objektif dan terbuka bagi seluruh bakal caleg.

"Semuanya mengikuti tes bersama dalam satu ruangan. Saya lihat proses ini bagus, tidak ada pembedaan antara yang satu dengan yang lain," kata Yayuk usai mengikuti tes psikologi di kantor DPP PAN, Jalan TB Simatupang, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Bakal caleg PAN yang diakui mengambil daerah pemilihan (dapil) Jawa Tengah (Jateng) itu menambahkan, tes ini untuk menunjukan kapabilitas dan integritas para bakal caleg. Tidak ada pembedaan apakah dia berasal dari kalangan anggota DPR yang kini menjabat di Senayan, artis, maupun masyarakat umum dan tokoh masyarakat.

"Tes ini juga tentunya semakin mengakrabkan pertemanan dan kesatuan caleg PAN, apapun hasilnya saya akan terima," ujar dia.

Sementara, Sekretaris Fraksi PAN DPR Teguh Juwarno mengatakan, piskotes yang digelar PAN terhadap para bakal caleg ini dimaksudkan untuk melihat tingkat kompetensi dan kepribadian para calon. Sehingga nantinya, para caleg yang akan diusung PAN dalam Pemilu mendatang benar-benar yang berkualitas.

"Selain tes psikologi, PAN juga akan melakukan tes urine kepada para bakal calegnya. Upaya ini dilakukan agar caleg-caleg PAN benar-benar bebas narkoba," ungkap dia.

Teguh yang juga mengikuti tes tersebut menambahkan, para caleg PAN nantinya juga akan menandatangani pakta integritas tidak akan melakukan tindakan yang melanggar hukum jika terpilih menjadi wakil rakyat, termasuk korupsi.

"Kita bertekad mempersiapkan bakal caleg yang jauh lebih serius, sehingga caleg-caleg yang akan ditawarkan kepada publik dalam pemilu nantinya benar-benar caleg yang memiliki integritas dan mumpuni," pungkas dia.

Selain Yayuk Basuki ada juga mantan atlet Olimpiade lainnya,  antara lain La Paena Masara (tinju), Nurfitriana (panahan), Krisna Bayu (judo) dan Selvyana Sofyan Hosen (menembak) serta Emma Tahapary (atletik lari).

Kemudian bakal caleng dari kalangan artis yakni Desi Ratnasari, Ikang Fauzi, Marisa Haque, Hengky Kurniawan, Eko Patrio, Diky Darmawan dan lainnya.

Selama dua hari ini, kader dan simpatisan PAN yang mendaftar sebagai bakal caleg sebanyak 800 orang mengikuti tes psikologi untuk dipilih menjadi caleg DPR RI yang akan diusung pada Pemilu 2014. Para bakal caleg itu berasal dari seluruh Provinsi di Indonesia itu akan dipilih menjadi 560 orang untuk didaftarkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS) (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini