Sukses

PAN: Yayuk Basuki dan Desi Ratnasari Cs Ikut Psikotes Bakal Caleg

Sekitar 800 bakal calon legislatif (caleg) dari PAN mengikuti tes psikologi untuk dipilih menjadi anggota DPR. Mantan atlet dan artis juga ikut dites.

Sekitar 800 bakal calon legislatif (caleg) dari PAN mengikuti tes psikologi untuk dipilih menjadi anggota DPR. Para bakal caleg itu datang dari seluruh provinsi se-Indonesia. Salah satu bakal caleg yang mengikuti tes, yakni mantan atlet tenis nasional, Yayuk Basuki. Sementara dari kalangan artis, Desi Ratnasari, Eko Patrio, Dwiky Darmawan, dan Henky Kurniawan.

Ketua Harian Komite Pemenangan Pemilu Nasional PAN Putra Jaya mengatakan, dari 800 orang itu akan dipilih sebayak 560 bakal caleg untuk dimasukkan dalam Daftar Caleg Sementara (DCS).

"Tadinya ada 900 orang yang daftar. Tapi yang menyerahkan dokumen untuk mengikuti tes kompetensi atau yang mengembalikan dokumen ada 800 orang. Nanti dipilih 560 orang sesuai dengan jumlah kursi di Senayan," kata Putra di Kantor DPP PAN TB Simatupang, Jakarta, Rabu (20/3/2013).

Dia menjelaskan, salah satu hasil dari psikotes ini akan menentukan nomor urut para caleg. Selain usia, integritas, lama kepengurusan, dan midel atau usia.

"Tapi untuk jenis tes hari ini untuk mengukur kapasitas dan kapabilitas bakal caleg. Kemampuan mereka dalam menganalisa, kemampuan berpikir, dan tingkat kemampuannya. Kita tidak mau lagi ada calon yang kapasitas dan kapabilitas rendah, sehingga kerjanya tidal maksimal," ucapnya.

Putra menyatakan, tes urine juga diutamakan sesuai keputusan bersama di Rakernas PAN. "Kalau tes urine wajib sebagi tanggung jawab kita jika kelak sebagai pejabat publik. Demi kita memerangi narkoba," pungkasnya. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini