by Rizki Gunawan

3 Mahasiswa Tewas Saat Susur Gua di Gunung Kidul

107972
  • Peristiwa
  • 0
  • Rabu, 20 Maret 2013 08:34

Sebanyak 20 mahasiswa pecinta alam dan 4 pemandu terjebak banjir di dalam Gua Seropan Gunung Kidul saat menggelar latihan susur gua. 3 Mahasiswa tewas, sementara 21 lainnya berhasil diselamatkan oleh tim SAR gabungan.

Setelah memakan waktu hampir 6 jam, korban meninggal satu per satu berhasil dievakuasi dari dalam gua oleh tim SAR gabungan, TNI dan Polri. Ketiganya masing-masing bernama Ganang Samudra, mahasiswa dari Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Hevin Fahariza dari Universitas Muhammadiyah Purwokerto dan Dian dari Universitas Gadjah Mada.

Peristiwa ini bermula saat Federasi Speleologi Indonesia menggelar diklat penelusuran Gua Seropan di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu. Acara ini diikuti 60 orang yang rata-rata mahasiswa dari berbagai daerah. Mereka diantar 4 pemandu menuju Gua Seropan yang bermulut vertikal.

Para peserta dibagi dalam 3 regu dan secara bergiliran mulai memasuki gua pada Selasa 19 Maret 2013, sekitar pukul 10 pagi. Saat regu terakhir yang berjumlah 20 orang dan 4 pemandu masuk pukul 2 siang, terjadi hujan deras hingga mereka terjebak banjir di dalam gua pada kedalaman 40 meter.

Kondisi debit air yang cukup tinggi membuat proses evakuasi baru bisa dilakukan sekitar pukul 6 sore. Sebanyak 21 orang selamat, sementara 3 orang tewas tenggelam dan baru berhasil dievakuasi pada Rabu (20/3/2013) dinihari atau hampir 6 jam penelusuran.

Usai proses identifikasi, ketiga korban selanjutnya dibawa ke kamar jenazah Rumah Sakit Umum Daerah Wonosari Gunung Kidul. Pihak panitia masih berkoordinasi untuk pemulangan ketiga korban ke daerahnya masih-masing.

Aparat Polres Gunung Kidul masih menyelidiki ada tidaknya unsur kelalaian pihak panitia dalam kegiatan susur gua yang memakan korban ini. (Riz)

Comments
Sign in to post a comment