Sukses

Paus Fransiskus I Mendadak Turun Dari Mobil dan Mencium Si Sakit

Sekitar 1 juta orang diperkirakan akan memadati Lapangan Santo Petrus di Vatikan saat pelantikan Paus Fransiskus I.

Sekitar 1 juta orang diperkirakan akan memadati Lapangan Santo Petrus di Vatikan saat pelantikan Paus Fransiskus I. Acara tersebut rencananya digelar pada pukul pada 09.30 waktu setempat.

Seperti diberitakan situs New.com.au Selasa (19/3/2013), Lapangan Santo Petrus telah dipenuhi massa yang ingin menyambut dan melihat Paus baru lebih dekat, walaupun belum tiba waktu pelantikannya. Meski untuk itu, mereka  harus berdiri di belakang barikade dengan panjang sekitar 2 kilometer.

Pihak gereja sengaja memasang barikade tersebut di sepanjang jalan utama yang mengarah ke alun-alun Santo Petrus, guna mengendalikan massa yang diperkirakan membeludak.

Tiba di Lapangan Santo Petrus untuk mempersiapkan diri guna pelantikannya nanti, Paus pengganti Benediktus XVI itu pun disambut riuh para jemaatnya.

"Hidup Paus, Hidup Paus, Hidup Paus!" teriak mereka dan dibalas oleh Paus Fransiskus I dengan lambaian tangannya.

Sebelum masuk gereja, Paus asal Argentina yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio bahkan menyempatkan diri untuk turun dari mobil yang membawanya, untuk menyapa lebih dekat kerumunan massa. Bahkan ia mencium kening dan memberkati salah satu orang yang dalam keadaan sakit.

Paus Fransiskus I menggantikan Paus Benediktus XVI yang mundur karena usia sepuh dan kemunduran kesehatan. Meski tetap tinggal di Vatikan, Benediktus XVI tidak lagi mengintervensi Tahta Suci Vatikan dan kini bergelar Emeritus.(Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.