Sukses

Hasil Pilkada Jabar Digugat, Aher: Tenang Saja Saya Mah

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan tenang-tenang saja menghadapi gugatan yang dilayangkan Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki.

Pasangan Ahmad Heryawan (Aher)-Deddy Mizwar telah ditetapkan KPU sebagai peraih suara terbanyak dalam Pilkada Jawa Barat. Hasil ini kemudian digugat pasangan Rieke Dyah Pitaloka-Teten Masduki ke Mahkamah Konstitusi (MK) yang merasa ada kecurangan dalam penyelanggaran Pilkada tersebut.

Aher yang masih menjabat Gubernur Jawa Barat menanggapi gugatan itu dengan santai. "Tenang saja saya mah, enjoy saja," kata Aher di UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Kota Bandung, Jawa Barat, Selasa (19/3/2013).

Aher optimistis bakal menang dalam sidang gugatan dari pasangan Rieke-Teten. "Insya Allah optimis dan tetap tenang. Dari dulu kan saya itu sering dijelek-jelekan dengan black campaign lah, dengan apa lah. Pokoknya tetap tenang dan optimis," ucapnya.

Meski sibuk menjalankan tugas-tugas pemerintahan di Jawa Barat, calon yang diusung Partai Keadilan Sejahtera ini mengaku terus berkoordinasi dengan tim kuasa hukumnya.

"Koordinasi jalan terus ada. Terakhir baik-baik saja. Enggak ada masalah," ujar Aher.

Dalam sidang perdana gugatan Pilgub Jabar 2013 di MK, Senin 18 Maret, Sadar Muslihat selaku Ketua Tim Kuasa Hukum pasangan Ahmad Heryawan-Deddy Mizwar menyatakan, gugatan yang disampaikan pasangan Rieke-Teten terlihat tidak spesifik. Di antaranya tidak adanya nama pelaku dan pengaruhnya terhadap perolehan suara.

Dia juga menilai sebagian isi gugatan Rieke-Teten sudah dijawab oleh KPU Jabar. "Kalau melihat faktanya, Pilgub Jabar berjalan lancar dan kondusif. Tidak ada intimidasi, apalagi aksi kekerasan. Dari fakta tersebut, saya yakin kita bisa memenangkan sidang gugatan ini," tandas Sadar. (Ant/Sah)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.