Sukses

Tagih Janji Benahi Persija, The Jak Geruduk Kantor Jokowi

Puluhan suporter ini menuntut lelaki bernama Jokowi itu merealisasikan janjinya untuk membenahi manajemen Persija.

The Jak Mania, sebutan bagi suporter tim sepak bola Persija, mendatangi kantor Gubernur DKI Jakarta Jokowi. Puluhan suporter ini menuntut lelaki bernama lengkap Joko Widodo itu merealisasikan janjinya untuk membenahi manajemen Persija.

Pantauan Liputan6.com, para The Jak ini sudah berkumpul di depan Balaikota DKI Jakarta sejak pukul 10.50 WIB. Massa yang mayoritas mengenakan pakaian serba oranye ini dengan bersemangat meneriakkan tuntutan mereka, meski sang gubernur sedang tak berada di tempat.

"Sejak 2008, Persija sulit mendapatkan izin untuk bermain di hadapan pendukungnya sendiri. Bahkan saat ini Persija tidak memiliki mess dan lapangan latihan sendiri setelah stadion Menteng digusur," kata koordinator aksi bernama Irlan di Balaikota, Jakarta, Selasa (19/3/2013).

Dalam orasinya, Irlan meminta Jokowi memenuhi janji masa kampanyenya untuk membenahi manajemen dan memperbaiki stadion bagi klub kebanggaan warga Jakarta ini. Selain itu, mantan Walikota Solo tersebut juga didesak untuk melakukan perbaikan fasilitas latihan dan penunjang bagi klub yang dijuluki Macan Kemayoran tersebut.

"Pak Jokowi jangan hanya janji manis saja. Kami menuntut untuk menyediakan lapangan latihan dan kembalikan fasilitas mess yang dulu dirampok Pemprov DKI Jakarta," ucapnya.

Sembari berorasi, massa The Jak turut membentangkan beberapa poster dan spanduk berisi tuntutan kepada Jokowi. Beberapa di antaranya bertuliskan, 'Rumah Persija di Jakarta, Solo Bukan Kandang Kami' dan 'Bepe 20 Kembalikan!'.

Aksi ini sempat menarik perhatian para pengendara jalan yang melewati jalan Medan Merdeka Selatan. Polsek Gambir dan Polres Jakarta Pusat pun mengawal jalannya demostrasi ini. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.