Hebatnya, Tim Tari Saman Pelajar Indonesia Sabet Juara di Inggris

  • Internasional
  • 0
  • 19 Mar 2013 08:22

tim-tari130319b.jpg

Tim tari saman Perhimpunan Pelajar Indonesia (PPI) Leeds, Inggris, berhasil memboyong perhargaan pertunjukan terbaik di kota itu. Mereka pun mengharumkan nama bangsa dengan meraih Best Performance Award dari acara Cultural Showcase, yang digelar University of Leeds sebagai bagian dari World Unite Festival (WUF) 2013.

"Festival kebudayaan yang diadakan Leeds University Union (LUU) itu menunjukkan kekayaan kebudayaan dari berbagai pelosok dunia di University of Leeds, seperti pemutaran film-film dari berbagai negara," ujar Ketua PPI Leeds, Ivaldi Fabtra di London, Selasa (19/3/2013).

Ia juga mengatakan, selain pemutaran film ada juga festival makanan, pameran karya seni tradisional, dan puncaknya adalah Cultural Showcase. Dimana setiap international society menampilkan pertunjukan kebudayaannya.

Selain itu, Leeds Indonesian Society LUU yang dipayungi PPI Leeds juga mengelar beberapa event seperti pemutaran film Rumah Dara di International Film Festival dan Indonesian Fair.

Ivaldi Fabtra mengatakan, mahasiswa dan mahasiswi Indonesia juga mendirikan bazar makanan dan souvenir dari Indonesia. Bahkan mereka juga mengadakan pertunjukan musik Indonesia dan pemutaran film Merantau serta The Raid, 2 film Indonesia yang cukup terkenal di kalangan pelajar non-Indonesia.

Puncak acaranya, Cultural Showcase dimulai dengan pertunjukan tarian-tarian dari beberapa negara Eropa lalu dilanjutkan dengan pertunjukan dari Asia. Setelah Brunei selesai dengan pertunjukan sandiwaranya yang sangat menghibur, tibalah giliran Indonesia.

Dimulai dengan video pengantar yang menggugah emosi, tim saman PPI Leeds pun memulai aksi yang berhasil memukau penonton. Gemuruh tepuk tangan dan riuh teriakan yang penuh kekaguman pun memnuhi kesempatan itu.

Penampilan yang tak kalah memukau lainnya adalah peragaan busana kebaya dan batik koleksi R.Leny McDonnell dari Kebaya Lence UK. Keunikan kain dan busana Indonesia yang beraneka ragam pada pertunjukan itu, menunjukkan betapa kaya kebudayaan Indonesia.

Ketua PPI Leeds pun mengaku dirinya merasa bangga, bisa menunjukkan kepada para pelajar di Leeds tentang keragaman dan keunikan budaya Indonesia.

Ivaldi Fabtra, yang juga menjadi pemain rebana pada pertunjukan tari Saman juga berharap pandangan warga UK kepada bangsa Indonesia akan berubah menjadi lebih positif.

Para pelajar Indonesia yang hadir di acara tersebut juga merasa bangga dengan prestasi yang diraih oleh tim saman PPI Leeds.

"Saya sangat menikmati acara tersebut. Kagum dengan konsep acara itu, dimana keragaman budaya dari berbagai negara bisa dipentaskan dalam satu acara kesenian," tutur Boya Subhono, mahasiswa S3 di Faculty of Engineering di University of Leeds. (Tnt)

Terpopuler