Sukses

VIDEO: Jokowi Fokus Mengurus Macet dan Banjir, Tak Mikir Cawapres

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo menanggapi santai dukungan publik Kota Solo untuk mencalonkannya sebagai capres.

Gubernur DKI Jakarta, Joko Widodo (Jokowi), mendadak muncul di Kota Solo, Jawa Tengah, Minggu (17/3/2013). Mantan Wali Kota Solo ini bukan tanpa maksud menyambangi acara hari bebas kendaraan Kota Solo. Ia mendampingi Ganjar Pranowo, calon Gubernur Jateng dari PDI Perjuangan yang akan bertarung 26 Mei mendatang untuk berkenalan dengan warga Kota Solo.

Tapi tetap saja warga Kota Solo mengerubungi Jokowi. Saat ditanya soal hasil survei yang menunjukkan popularitasnya bila diusung menjadi calon presiden pada Pemilu 2014 mendatang, Jokowi menjawab ringan. "Saya ngurus banjir, rusun, dan macet saja, ngurus itu saja sudah pusing, ngga mikir (cawapres)," ujarnya.

Memang, seperti saat dicalonkan menjadi Gubernur DKI Jakarta, kini warga Solo juga yang mendorong Jokowi untuk maju sebagai kandidat Presiden 2014. Salah satu komunitas kaum ibu di Solo menggalang tanda tangan dukungan pada kain putih sepanjang 125 meter.

Popularitas masih jadi tolok ukur utama politikus di Tanah Air untuk menggapai kursi kepala daerah hingga kepala negara. Dan untuk kasus Jokowi, ujian berat menanti apakah ia teguh menyelesaikan amanah rakyat Jakarta untuk memperbaiki Ibu Kota atau tergoda merebut posisi sebagai orang pertama di negeri ini.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.