Sukses

Bawang Merah Langka, Petani Menjual Benih

Langka dan tingginya harga bawang merah di Pulau Jawa memicu sejumlah petani untuk segera memanen bawang merah. Sementara di Sumsel dan Sulsel, harga bawang terus melonjak.

Langka dan tingginya harga bawang merah di Pulau Jawa memicu sejumlah petani untuk segera memanen bawang merah. Meski tanaman belum waktunya panen, para petani tidak kehabisan akal agar bisa ikut mendapatkan untung besar. Mereka nekat menjual stok benih bawang merah yang sedianya akan ditanam pada musim tanam mendatang.

Ini bisa dimaklumi karena harga bawang merah di pasar tradisional Banyuwangi, Jawa Timur, saat ini mencapai Rp 50 ribu per kilogram, sedangkan bawang putih mencapai Rp 60 ribu per kilogram.

Sementara itu, beberapa agen bawang merah di pasar tradisional di kabupaten dan kota di Sumatera Selatan kini berteriak tidak ada stok bawang merah. Pasar tradisional di Dempo Permai misalnya, sudah lima hari ini tidak lagi menjual bawang merah karena tidak ada pasokan dari agen besar di Kota Palembang dan Lampung.

Saat ini beberapa pengecer masih menjual bawang merah stok lama dengan harga tinggi. Dari biasanya hanya Rp 25 ribu per kilogram, kini Rp 65 ribu per kilogram. Banyak warga batal membeli bawang merah karena terlalu mahal, kalaupun membeli hanya sedikit.

Sedangkan di pasar-pasar tradisional Kota Makassar, Sulawesi Selatan, kini sulit menemukan komoditi bawang merah dan bawang putih. Harga kedua komoditi sangatlah mahal atau meningkat tajam dari Rp 24 ribu naik menjadi Rp 50 ribu hingga Rp 65 ribu per kilogramnya.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini