VIDEO: Hama Potong Leher Gagalkan Panen Petani di Ponorogo

on

Musim panen kali ini rupanya tidak bersahabat bagi para petani di Ponorogo, Jawa Timur. Sebab, 60 hektare hamparan tanaman padi di Desa Pomahan, Kecamatan Pulung, rusak akibat serangan hama potong leher yang disebabkan bakteri pyricularia oryzae dan xanthomonas oryzae.

Dari hasil penelitian, serangan hama ini akibat penggunaan varietas padi berumur pendek yang rentan akan penyakit. Petani pun kini pasrah mengetahui padinya banyak yang mati. Apalagi berbagai upaya pengobatan sudah dilakukan, namun hasilnya sia-sia.

Petani berharap dinas terkait segera turun ke lapangan melakukan penelitian dan pengobatan sehingga penyebaran hama tidak semakin meluas.

Sedangkan di Karanganyar, Jawa Tengah, tingginya intensitas hujan yang mengguyur wilayah Tawang Mangu dalam beberapa pekan terakhir membuat para petani umbi kelimpungan. Produksi umbi jenis Korea saat ini anjlok dari panen sebelumnya. H

Hujan yang tinggi selain membuat tanaman cepat rusak juga mengakibatkan serangan hama. Sehingga tanaman umbi tidak dapat tumbuh secara maksimal dan rusak diserang hama. Petani umbi di Desa Sepanjang mengaku tanaman umbinya menjadi rentan membusuk.

Kini produksi menurun lebih dari 30 persen. Meski merugi, para petani hanya bisa pasrah. Mereka berharap adanya bantuan pestisida atau pupuk dari Dinas Pertanian Pemkab Karanganyar.(Ado)

Suka artikel ini?

0 Comments