Sukses

VIDEO: Tiga Warga Buton Terbunuh, Timika Memanas

Ribuan warga Suku Buton di Timika, Papua, mendesak aparat keamanan untuk menangkap pelaku pembunuhan 3 warga mereka.

Ribuan warga Suku Buton berkonvoi dari Rumah Sakit Umum Daerah Timika, Papua, ke Gedung Serba Guna Emeneme Yauware, Minggu (17/3/2013). Mereka berkumpul untuk mendengarkan arahan dari Ketua Kerukunan Warga Buton di Timika menyusul terbunuhnya 3 warga Suku Buton di lokasi pendulangan emas di Kali Kabur di areal tambang PT Freeport Indonesia, Sabtu (16/3).

Tewasnya ketiga warga Buton, Sulawesi Tenggara, itu dipicu bentrokan antara Suku Kei asal Maluku dan warga Suku Damal di Kali Kabur Mile 34 areal PT Freeport. Warga Damal hendak membalas kematian salah seorang kerabat mereka, Atinus Mom, yang diduga dibunuh pendulang emas dari Suku Kei.

Namun, rupanya warga Damal salah sasaran sehingga yang menjadi korban justru tiga warga Suku Buton, dua di antaranya kakak beradik. Selain itu, dua warga Buton lainnya juga terluka dan kini dalam kondisi kritis. Atas peristiwa ini, warga Suku Buton mendesak aparat segera menangkap pelaku pembunuhan warga Buton.

Akibat peristiwa ini, situasi di Kota Timika sempat mencekam. Para pemilik toko memilih menutup usahanya.

Hingga kemarin, aparat terus melakukan patroli di Mile 34 Kali Kabur dan di Kota Timika untuk mencari pelaku pembunuhan warga Buton. Aparat gabungan TNI dan Polri juga bersiaga di sejumlah titik untuk mencegah situasi kembali memanas.(Ado)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini