VIDEO: Penyelundupan Bahan Peledak dari Malaysia Terbongkar

  • Peristiwa
  • 0
  • 16 Mar 2013 00:06

peledak-selayar130315d.jpg
Penyelundupan bahan peledak untuk merakit bom ikan terbongkar. Kepolisian Resor Kepulauan Selayar, Sulawesi Selatan, menyita bahan peledak itu yang diselundupkan dari Malaysia.

Penangkapan yang dipimpin Kepala Polres Kepulauan Selayar Ajun Komisaris Besar Polisi Muhammad Hidayat berlangsung di perairan Selayar, Jumat (15/3/2013). Bahan peledak itu diangkut menggunakan kapal motor ilegal, KM Batu Licin.

Polisi menyita 1.100 sak pupuk bahan dasar peledak, uang tunai Rp 190 juta, dan 10 unit motor. Barang bukti itu merupakan hasil transaksi penukaran dengan bahan peledak.

Saat membawa bahan peledak, tersangka sempat singgah di Batam untuk menjual sebagian barang. Sisanya dijual ke nelayan dan digunakan di Kepulauan Selayar. Satu bahan peledak seukuran botol daya ledaknya bisa merusak terumbu karang radius sampai 30 meter.

Penyelundup memanfaatkan cuaca buruk untuk berlayar agar tidak ketahuan polisi. Sementara Polres Kepulauan Selayar yang mendapat laporan masyarakat, berpatroli 4 malam di laut. Hingga pada akhirnya ditemukan kapal penyelundup.

KM Batu Licin ditahan di dermaga Kepulauan Selayar. Sedangkan barang bukti dibawa ke Mapolres Kepulauan Selayar. Polisi juga menetapkan 9 anak buah kapal (ABK) yang sebagai tersangka. Mereka ditahan di Mapolres Kepulauan Selayar.(Ais)
Terpopuler