Sukses

Jubir: SBY Batal Buka Kongres HMI Karena Tak Ada Jaminan Keamanan

Karena ketidakhadirannya pada Kongres ke-28 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat mendapatkan hujatan 'SBY takut'.

Karena ketidakhadirannya pada Kongres ke-28 Himpunan Mahasiswa Islam (HMI), Presiden Susilo Bambang Yudhoyono sempat mendapatkan hujatan 'SBY takut'. Juru Bicara Presiden Julian Aldrin Pasha angkat bicara demi meluruskan hal ini.

Julian menuturkan, ketidakhadiran SBY untuk membuka kongres itu diputuskan pihak Istana setelah melihat tak adanya jaminan situasi yang kondusif bagi keamanan sang Kepala Negara.

"Minggu lalu Presiden dilaporkan bahwa belum ada jaminan, kepastian kongres akan berjalan dengan tertib dan lancar," kata Julian di Kantor Presiden, Jakarta, Jumat (15/3/2013).

Jadi, lanjut Julian, tak seperti yang ditulis media massa, ketidakhadiran Presiden bukan karena ditolak hadir dalam Kongres HMI itu. "Tidak seperti itu sesungguhnya," ujar dia.

Di negara manapun, sambung dia, keamanan adalah syarat mutlak bagi seorang kepala negara untuk bisa menghadiri sebuah acara. Sementara dalam konteks Kongres HMI, pihak Istana ingin menghindari terjadinya hal-hal yang tak diinginkan.

"Kita tahu Presiden menghadiri begitu banyak undangan dari berbagai organisasi masyarakat. Beliau selalu mengusahakan untuk hadir. Kenapa tahun ini Bapak Presiden tidak hadiri kongres? Itu karena alasan tadi," tuturnya.

Meski begitu, Julian menambahkan, SBY tetap mengharapkan kongres yang digelar HMI bisa berjalan lancar dan mencapai hasil yang diharapkan. "Beliau tetap berharap kongres berjalan tertib lancar, meskipun ada dinamika di dalam," ucapnya.

"Saya tegaskan, ini bukan pembatalan dalam arti Presiden ditolak. Apalagi sampai ada pemberitaan yang menyebut Presiden ditolak untuk hadir di Kongres HMI 15 Maret ini," pungkas Julian. (Ndy)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini