Sukses

Ultah Kedua, Paguyuban Dalang Muda Sukra Kasih Adakan Pentas

Memperingati usianya yang ke 2, Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukra Kasih mengadakan pentas.

Citizen6, Jakarta: Tanggal 11 Maret 2013 Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukra Kasih genap berusia 2 (dua) tahun. Untuk memperingati hari kelahirannya, paguyuban yang beranggotakan dalang-dalang  muda  yang mempunyai visi dan misi memajukan seni pedalangan ini akan mengadakan pentas.

Pentas yang akan mengapresiasi wayang kulit gagrak Kedu ini akan digelar di Nata di pendapa Tembi Rumah Budaya pada hari Jumat 15 Maret 2013. Rencananya, pentas dengan dalang Ki Legowo Cipta Karsana ini akan dimulai pukul 20.00 WIB sampai selesai.

Menurut Ki Suharno, S.Sn, ketua Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukra Kasih, pergelaran ini dimaksudkan untuk memberikan wawasan dan apresiasi kepada masyarakat bahwa disamping dua gaya pedalangan besar, Yogya dan Solo, ada gagrak-gagrak lain dengan ciri khas dan karakter pedalangan lain yang sebenarnya sangat menarik untuk dinikmati.

Cerita yang diambil pun sangat bercirikan pedalangan gagrak Kedu, yakni sebuah cerita yang nantinya akan melahirkan ilmu-ilmu dalam dunia pertanian.

Dalam peringatan 2 tahun Sukra Kasih juga akan memberikan penghargaan kepada radio-radio dan media televisi yang konsisten menyiarkan dan menayangkan acara pergelaran wayang kulit dalam siarannya.

"Peran radio dan televisi sangat besar sumbang sihnya dalam turut melestarikan dan mengenalkan seni pewayangan kepada khalayak," jelas Ki Suharno.

Ki Suharno juga menambahkan, pentas di Tembi kali ini juga sebagai wujud pelaksanaan kegiatan yang sesuai dengan dengan motto, "menjalin dan berbagi, hilangkan fanatisme dan egoisme, membangun kekakraban dan kekompakan para dalang untuk selanjutnya berproses dan berkarya menggelar pertunjukan yang kekinian  dan berkwalitas". (Herdaru Juniadi/ KW)

*

Herdaru Juniadi adalah pewarta warga, Tim Publikasi Paguyuban Dalang Muda Yogyakarta Sukra Kasih

Anda juga bisa mengirimkan artikel disertai foto seputar kegiatan komunitas atau opini anda tentang politik, kesehatan, keuangan, wisata, social media dan lainnya ke citizen6@liputan6.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.