Sukses

Ribuan Ikan Mati Penuhi Danau Tempat Olimpiade Dayung Brasil

Bangkai-bangkai ikan tersebut mengambang dan membuat Danau Rodrigo de Freitas di Riosulit untuk dilintasi oleh perahu.

Tiba-tiba saja danau tempat perhelatan lomba dayung Olimpiade 2016 di Rio de Janiero, Brasil dipenuhi ribuan ikan mati pekan ini. Bangkai-bangkai ikan tersebut mengambang dan membuat Danau Rodrigo de Freitas di Riosulit untuk dilintasi oleh perahu.

Seperti dikutip situs berita News.com.au Jumat (15/3/2013), pembersihan sekitar 65 ton bangkai ikan itu pun mulai dilakukan pada awal pekan waktu setempat guna menghindari timbulnya bau tak sedap.

"Sejak Senin (11/3) sekitar 65 ton ikan mati telah dibersihkan dari danau. Danau yang terletak di jantung kota, di antara banyak objek wisata," kata seorang juru bicara Departemen Lingkungan Kota Rio yang namanya tak disebutkan.

Menurut jubir departemen tersebut, ribuan ikan itu diduga mati akibat hujan badai yang terjadi pada akhir pekan lalu. Guyuran hujan tersebut diperkirakan telah membawa bahan organik di lingkungan sekitar ke danau. Sehingga ikan-ikan di danau tersebut kehabisan oksigen dan keracunan.

Pasca-pembersihan yang dilakukan bertahap tersebut, kondisi danau pun mulai steril. Tak ada lagi ikan-ikan yang mati di danau sejak Kamis kemarin. (Tnt)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini