Sukses

VIDEO: Paus Fransiskus I Pimpin Misa Pertama

Prosesi misa pertama Paus Fransiskus I yang ditayangkan langsung lewat layar lebar disaksikan ratusan orang yang memadati lapangan Santo Petrus.

Pemimpin baru Gereja Katolik Roma Paus Fransiskus I menjalani tugas pertama sebagai paus dengan memimpin misa di Kapel Sistina, Vatikan. Prosesi misa yang ditayangkan langsung lewat layar lebar disaksikan ratusan orang yang memadati lapangan Santo Petrus.

Dalam misa, Kamis (14/3/2013), yang berlangsung di Kapel Sistina, tempat Paus Fransiskus I dipilih para kardinal, berlangsung khidmat. Paus yang memimpin jalannya misa menyampaikan khotbah dalam Bahasa Italia. Paus Fransiskus meminta Gereja Katolik tetap berpegang teguh pada prinsip dasar dan menghindari gangguan modernisasi.

Ia mengingatkan gereja katolik tidak boleh lupa dengan misi sebenarnya dengan menyeru kepada Yesus dan fokus pada injil Yesus Kristus.

Paus Fransiskus I menggantikan Paus Benediktus VI. Dan diangkat menjadi paus di tengah berbagai skandal yang menerpa otoritas Gereja Katolik akhir-akhir ini.

Paus Fransiskus yang bernama asli Jorge Mario Bergoglio adalah paus pertama dari Amerika Selatan. Dan merupakan anggota ordo yesuit pertama yang terpilih menjadi paus.

Rencananya paus asal Argentina ini akan dilantik, Selasa 19 Maret 2013 mendatang. (Adi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini