Sukses

Gatot Pujo Resmi Bertugas Jadi Gubernur Sumut Hingga Juni 2013

Gatot awalnya menjabat Wagub Sumut. Ia menggantikan Gubernur Syamsul Arifin yang diberhentikan karena tersandung kasus korupsi. Ia menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumut hingga 16 Juni 2013.

Gatot Pujo Nugroho dilantik sebagai Gubernur Sumatera Utara untuk masa sisa periode 2008-2013.

Pelantikan dilakukan Menteri Dalam Negeri Gamawan Fauzi melalui rapat paripurna istimewa DPRD Sumut di Medan, Kamis (14/3/2013), yang dihadiri unsur forum komunikasi pimpinan daerah, sebagian bupati/wali kota di Sumut, dan tokoh masyarakat.

Sebelum pelantikan tersebut, Sekretaris DPRD Sumut Randiman Tarigan membacakan Keputusan Presiden Nomor 14/P Tahun 2013 tertanggal 13 Februari 2013 tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Sumatera Utara menjadi Gubernur dengan masa jabatan 2008-2013.

Usai pengambilan jabatan dan pernyataan pelantikan, Gatot menandatangani pakta integritas di hadapan Gamawan.

Dalam sambutannya, Gamawan mengatakan, pelantikan tersebut merupakan realisasi dari rencana pelantikan pada 28 Februari 2013 di kantor Kementerian Dalam Negeri yang tertunda. Pelantikan ditunda karena Sumut sedang melaksanakan pilkada. Namun, Gamawan menambahkan, "Hikmahnya, pelantikannya bisa dilakukan di Medan." 

Gatot awalnya menjabat Wakil Gubernur Sumut. Ia menggantikan Gubernur Syamsul Arifin yang diberhentikan karena tersandung kasus korupsi. Gatot akan menjalankan tugas sebagai Gubernur Sumut hingga 16 Juni 2013.

Dalam Pilkada Sumut 2013, Gatot berpasangan dengan Tengku Erry Nuradi sebagai cagub dan cawagub. Dalam beberapa versi Quick Count, pasangan ini mengungguli 4 pasangan lain. (Ant/Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.