Sukses

VIDEO: Paus Fransiskus I Dilantik Selasa 19 Maret

Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus baru, pemimpin Tahta Suci Vatikan.

Kardinal Jorge Mario Bergoglio dari Argentina terpilih sebagai Paus baru, pemimpin Tahta Suci Vatikan. Jorge yang memakai nama Paus Fransiskus I itu akan dilantik pada Selasa 19 Maret 2013 mendatang.

Sorak sorai umat katolik dunia menyambut terpilihnya Jorge menjadi Paus Fransiskus I yang terpilih di antara 115 kadinal yang menggelar konklaf di Kapel Sistina.Ratusan umat katolik berkumpul untuk menyaksikan pidato perdana Paus di St. Peter’s Square.

Banyak permasalahan yang menghadang Paus Fransiskus I, seperti masalah kemiskinan dan sekularisme. Meski demikian, Paus Fransiskus I mengaku siap menghadapinya.

"Sekarang mari kita memulai lembaran baru perjalanan ini. Perjalanan Gereja Roma yang memimpin semua gereja, persaudaraan dalam cinta, dan saling percaya. Marilah kita saling mendoakan satu sama lain," ujar Paus dalam pidato perdananya, Kamis (14/3/2013), waktu setempat.

Mengapa Pakai Nama Paus Fransiskus I?

Nama Fransiskus I untuk julukan Pausnya dipilih atas kehendak Jorge sendiri. Ia memakai nama Fransiskus I untuk memberi penghormatan kepada 2 orang kudus Katolik, yakni Santo Fransiskus dari Asisi serta Santo Fransiskus Xaverius.

Untuk diketahui, ada banyak nama-nama yang tersedia bagi Paus terpilih. Berdasarkan buku berjudul "Cyclopaedia of Biblical, Theological, and Ecclesiastical Literature" yang ditulis McCLintock, John pada 1891, nama Paus mulai digunakan oleh uskup Roma sejak abad ke-6.

Menurut buku tersebut, ada 81 nama Paus yang telah digunakan. Di antaranya Yohanes, Gregorius, Benediktus, Klemens, Innosensius, dan Leo. Ada nama Paus yang digunakan sebanyak 23 kali, yakni Paus Yohanes. Ada juga nama Paus yang telah dipakai sebanyak 16 kali, seperti Gregorius dan Benediktus.

Paus Benediktus XVI adalah Paus yang digantikan Paus Fransiskus I saat ini. Dan nama Paus Fransiskus I adalah nama yang pertama kali digunakan, sebagaimana angka 1 romawi tersebut. (Riz)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.