Sukses

Anas Diperiksa Kasus Korupsi Simulator SIM Lusa

Anas diperiksa sebagai saksi untuk tersangka Irjen Djoko Susilo.

Anas Urbaningrum tak hanya tersandung kasus korupsi proyek Hambalang. Ketua Umum Partai Demokrat yang sudah menyatakan berhenti itu kini harus berhadapan dengan KPK dalam kasus korupsi simulator SIM dengan tersangka Irjen Djoko Susilo.

"Jumat pekan ini, penyidik memerlukan keterangan saudara AU (Anas Urbaningrum), sebagai saksi tersangka DS (Djoko Susilo)," kata Juru Bicara KPK, Johan Budi SP, di Gedung KPK, Jakarta, Rabu (13/3/2013).

Namun, Johan mengaku belum tahu keterkaitan Anas dalam kasus simulator SIM ini. "Itu kami belum tahu, yang pasti AU dimintai sebagai saksi," ujarnya.

Berdasarkan pemberitaan sebuah majalah, disebutkan Anas diduga hadir dalam pertemuan yang dihadiri Nazaruddin dengan sejumlah panitia proyek simulator. Nazaruddin mengaku dalam pertemuan itu dia meminta jatah 12 persen dari proyek untuk mengurusi anggaran kepolisian.

Dalam kasus ini, Irjen Djoko ditetapkan sebagai tersangka tindak pidana korupsi dan tindak pidana pencucian uang. Selain itu, KPK juga telah menetapkan Brigjen Didik Purnomo dan dua orang dari swasta yakni Sukotjo S Bambang dan Budi Susanto. (Ary)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini