Sukses

Jokowi Bagikan Bantuan, Korban Kebakaran: Jangan Sekarang, Pak

Ketika petugas Satpol PP ingin membagikan bantuan, beberapa warga meminta agar bantuan tidak dibagikan secara langsung. Mereka khawatir banyak warga yang bukan sebagai korban kebakaran ikut mengantre

Gubernur DKI Jakarta Joko Widodo mengunjungi lokasi kebakaran pemukiman padat penduduk di Jalan Salemba Bluntas Gang I, Senen, Jakarta Pusat.

Pantauan liputan6.com, dengan menggunakan kemeja berwarna putih, Jokowi tiba di lokasi pada pukul 14.05 WIB. Kehadirannya langsung disambut ratusan warga korban kebakaran yang mengungsi di basement sebuah Gedung yang lokasinya tidak jauh dari rumah warga yang terbakar.

Jokowi pun bersama warga langsung menuju ke lokasi pengungsian warga, ia langsung membagikan bantuan kepada warga berupa beras sebanyak 2 ton, paket buku sebanyak 8 dus, alat mandi, seragam, tas, dan 200 pasang sepatu sekolah.

Warga yang melihat petugas mengeluarkan bantuan dari mobil truk Satpol PP, langsung membuat antrean. Namun ketika petugas Satpol PP ingin membagikan bantuan, beberapa warga meminta agar bantuan tidak dibagikan secara langsung. Mereka khawatir banyak warga yang bukan sebagai korban kebakaran ikut mengantre.

"Jangan sekarang, Pak Jokowi, salah sasaran. Takutnya banyak warga yang bukan korban kebakaran ikut ngantre Pak. Jangan dibagikan, Pak," kata walah seorang warga.

Mendengar keluhan warga, Jokowi pun menunda pembagian bantuan dan terlebih dulu memantau lokasi kebakaran yang menghanguskan 25 rumah tersebut.

Kebakaran melanda pemukiman warga di Jalan Salemba Bluntas gang I, Senen, Jakarta Pusat, Selasa (12/3/2013). Api berkobar di pemukiman warga yang dekat Rumah Sakit Saint Carolous ini sejak pukul 13.00 WIB.

Selain membakar puluhan rumah, dalam musibah ini juga 1 orang, yakni Ketua RT 04 RW 05 bernama Didi Suwardi yang tewas tersengat listrik saat berusaha membantu memadamkan api. (Yus)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.