Sukses

Sutan Bhatoegana: Eksternal Partai Mau Jadi Ketum, Nanti Dulu

Pendiri Partai Demokrat Sutan Bhatoegana menjelaskan, hingga kini belum ada nama yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum pada KLB.

Salah satu pendiri Partai Demokrat Sutan Bhatoegana menjelaskan, hingga kini belum ada nama yang mendaftar sebagai calon Ketua Umum pada kongres luar biasa (KLB) menggantikan Anas Urbaningrum yang rencananya akan digelar akhir bulan ini.

Namun, Ketua DPP Partai Demokrat ini memastikan yang berhak mencalonkan diri sebagai Ketua Umum adalah kader Partai Demokrat. Artinya, partainya 'menutup pintu' bagi calon yang berasal dari ekternal Partai Demokrat untuk maju.

"Ini kan pestanya Partai Demokrat, jadi yang boleh maju ya harus kader Partai Demokrat. Kalau dari eksternal mau masuk Demokrat silakan. Tapi kalau mau langsung jadi Ketua Umum nanti dulu," ujar Sutan saat dihubungi Liputan6.com di Jakarta, Rabu (13/3/2013).

"Majelis Tinggi Partai masih menggodok persyaratannya. Baru mau dibentuk peraturannya. Misalnya yang berhak maju adalah kader yang sudah jadi pengurus selama 1 periode. Ya yang seperti itu sedang dibahas," ucap pria kelahiran Pematang Siantar itu.

Saat ini sejumlah nama mulai diusung maju menggantikan Anas Urbaningrum di posisi Ketua Umum. Dari Partai Demokrat muncul nama-nama, seperti Marzuki Alie, Soekarwo, Saan Mustopa, dan I Gede Pasek Suardika.

Sedangkan dari luar partai nama yang muncul, yakni Kepala Staf Angkatan Darat, Pramono Edhie Wibowo, Menteri Perdagangan Gita Wirjawan, dan Ketua Mahkamah Konstitusi Mahfud MD. (Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.