Sukses

4 Petani Tewas Kesambar Petir Saat Menanam Padi

Petir menyambar 6 petani di Sumatera Barat, sekitar pukul 16.10 WIB. 4 di antaranya tewas dan 2 lainnya luka bakar.

Petir menyambar 6 petani di Kampung Laban, Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat, sekitar pukul 16.10 WIB. 4 di antaranya tewas dan 2 lainnya luka bakar.

"Sebanyak 4 orang meninggal dunia. 2 lainnya dilarikan ke RSUD M Zein Painan karena mengalami luka bakar akibat kesambar petir. Mereka adalah warga Sungai Gayo Lumpo, Kecamatan IV Jurai," kata Kapolsek IV Jurai AKP Suhendriyatno, di Painan, Selasa (12/3/2013).

Suhendriyatno menuturkan, Dasmawati (52) dan Suarna (65) meninggal dunia di tempat kejadian peristiwa (TKP). Sedangkan Elidarni (48) dan Lasmi (43) meninggal dunia setelah mendapatkan perawatan hingga beberapa menit di RSUD M Zein Painan.

Mereka yang dirawat di RSUD M Zein Painan adalah Asna (53) dan Yarneli (48). Keduanya hingga kini masih menjalani perawatan di RSUD M Zein Painan karena luka bakar dan memar pada bagian tubuhnya cukup parah.

Sementara mereka yang meninggal, ucap Suhendriyatno, pada bagian tubuhnya juga mengalami memar sehingga kulitnya kelihatan membiru. Dari informasi di TKP menyebutkan, 4 petani tersebut tengah menanam benih padi di sawah milik salah seorang warga Laban Salido. Sekitar beberapa menit sebelum kejadian, langit kelihatan mendung disertai gerimis.

Dia menjelaskan, cuaca semakin mendung, hanya berkisar beberapa menit saja setelah itu, langit semakin gelap disusul suara gemuruh. Meski demikian, 6 petani kaum ibu itu juga masih bertahan di tengah lahan sawah tersebut untuk menanam padi.

Tiba-tiba saja, setelah suara gemuruh berhenti, datang cahaya kilat diikuti petir berturut-turut hingga beberapa kali. Tanpa disangka, ternyata suara petir berhenti, masyarakat yang ada sekitar lokasi mendengar teriakan suara petani tersebut dari arah sawah.

Suhendriyatno menceritakan, masyarakat yang mendengar langsung beramai-ramai berlari menuju arah suara teriakan. Di lokasi, warga yang berlarian mendapati 6 wanita tersebut tengah bergelimpangan atau jatuh di tengah sawah.

Namun tak seorang pun di antara mereka yang bersuara. Warga yang datang berupaya mengangkat semua korban ke luar sawah untuk diberi pertolongan. Ketika diangkat, 4 orang di antara mereka masih bernapas meski kritis. Sementara 2 lainnya sudah tidak bernyawa.

"Keenam korban sempat dilarikan ke rumah sakit. Namun 2 di antaranya sudah meninggal ketika masih di dalam sawah. Sedangkan 4 lainnya menjalani perawatan medis," terang Suhendriyatno. (Ant/Frd)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini