Sukses

Dirut RS Firdaus Akui Minta Rp 2 Juta ke Keluarga Ana Murdika

Ana Murdika (14) meninggal dunia karena sempat ditolak sejumlah rumah sakit di Jakarta. Salah satunya Rumah Sakit Firdaus.

Ana Murdika (14) meninggal dunia karena sempat ditolak sejumlah rumah sakit di Jakarta. Salah satunya Rumah Sakit Firdaus yang menjadi tempat tujuan pertama Ana berobat merujuknya ke Rumah Sakit Islam Sukapura.

"Jadi ini memang yang paling dekat adalah RS Islam Sukapura, makanya kami rujukkan ke sana," kata Dirut RS Firdaus dr Bachtiar Husain di Jakarta, Senin (11/3/2013).

Beredar kabar saat pemindahan Ana dari RS Firdaus ke RS Islam Sukapura yang menggunakkan ambulance, pihak keluarga Ana dimintai uang Rp 2 juta. Hal tersebut pun dibenarkan oleh Bachtiar. Menurutnya hal itu dilakukan karena Ana mendaftar sebagai pasien umum.

"Ditagih Rp 2 juta benar. Memang dia masuk sebagai pasien umum di poli umum, maka kita perlakukan sebagai pasien umum. Andaikata dia pakai jalur KJS, gratis. Tapi masalahnya dia tidak bilang kalau dia adalah pasien KJS," jelasnya.

Kadinkes DKI Dien Emawati menambahkan, RS Firdaus merujuk Ana ke RS Islam Sukapura karena RS Firdaus khusus paru-paru. Namun Dien menegaskan Ana saat dirujuk ke RS Islam Sukapura tetap dalam kondisi aman.

"RS Firdaus itu RS paru-paru jadi dia tidak bisa tangani penyempitan usus. Jadi pasien masuk, Firdaus beri rujukan dibawa keluarga, pasiennya tidak digotong-gotong," jelas Dien Emawati. (Mut)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini