Sukses

Max Sopacua Sebut Marzuki Alie Calon Kuat Gantikan Anas

Marzuki yang juga Ketua DPR dinilai kompeten menjadi pengganti Anas karena pada periode sebelumnya, Marzuki telah menjadi Sekjen Demokrat.

Wakil Ketua Dewan Pembina Partai Demokrat Marzuki Alie disebut sebagai calon terkuat pengisi kursi Ketua Umum Partai Demokrat, yang ditinggalkan Anas Urbaningrum setelah terjerat kasus korupsi Hambalang.

"Bisa saja. Karena saat Kongres 2010 di Bandung, dia paling banyak nomor 2, beda tipis dengan Anas," kata anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, Max Sopacua saat dihubungi di Jakarta, Senin (11/3/2013).

Menurut Max, Marzuki yang juga Ketua DPR dinilai kompeten menjadi pengganti Anas karena pada periode sebelumnya, Marzuki telah menjadi Sekjen Demokrat. Bahkan, menurutnya, Marzuki pun dapat masuk ke semua golongan.

"Iya bisa juga. Emangnya marzuki nggak bisa masuk semua golongan? Saat ketumnya HU (Hadi Utomo), Sekjennya itu Marzuki. Jadi Marzuki kan juga pengalaman. Semua yang mengerjakan itu Sekjen," ujar Wakil Ketua Umum DPP Partai Demokrat ini.

Namun, bila Marzuki ingin menjadi Ketua Umum, Max menyarankan agar Demokrat menentukan pilihannya secara langsung atau aklamasi. "Kalau bisa seperti itu. DPD DPC nggak ada masalah kok. Kamerin sudah dikumpulkan," tegasnya.

Rencananya, ketua umum definitif akan dipilih dalam ajang Kongres Luar Biasa yang akan digelar akhir bulan ini. Bila tidak ada perubahan jadwal, KLB akan digelar di Bali. (Ism)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.