Sukses

VIDEO: Kreatif, Kulit Durian Jadi Aksesori Wanita

Stella Christy, mahasiswi jurusan desain manajemen produk di Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya jadi aneka aksesori.

Tak hanya lezat rasa buahnya. Kulit durian juga bisa dimanfaatkan untuk sesuatu yang bermanfaat.

Seperti di Surabaya, Jawa Timur, kulit durian diolah menjadi aneka aksesori. Semua itu adalah hasil karya Stella Christy, mahasiswi jurusan Desain Manajemen Produk di Fakultas Industri Kreatif Universitas Surabaya.

Menyulap kulit durian menjadi perhiasan perlu kesabaran dan ketelitian. Prosesnya untuk menghilangkan aroma khas durian, kulit dijemur selama 2 hari. Selanjutnya kulit direbus hingga 2 jam untuk menghilangkan lendir di dalam kulit.

Setelah itu kulit durian dipotong dan dimasukkan ke dalam pemutih pakaian, direndam, dan dijemur lagi selama 1 hari. Setelah itu barulah kulit durian dikreasikan membentuk aksesori seperti kalung, cincin, bando, dan anting.

Meski dari kulit durian yang tajam, tapi setelah menjadi aksesori tidak bau dan tajam. Pemakainya dijamin akan nyaman memakainya. Aksesori karya Stellah dijual seharga antara Rp 20.000 hingga Rp 50.000.(Ais)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

    Video Terkini