Sukses

Bocah 5 Tahun Tewas Diserang Macan Tutul

Hewan buas tersebut menyerang sang bocah di dekat rumahnya, di Desa Pazipora-Handwara.

Seorang bocah lelaki berusia 5 tahun di Kashmir, India, tewas diserang macan tutul. Hewan buas tersebut menyerang sang bocah di dekat rumahnya, di Desa Pazipora-Handwara, Kabupaten perbatasan Kupwara, sekitar 105 kilometer di sebelah barat-laut Kota Srinagar, Khasmir.

Polisi lokal, Ayush menuturkan, kejadian terjadi saat bocah tersebut sedang bermain di halaman rumah. Sang ibu berada di dekat bocah itu saat macan menerkam dan membawa anak tersebut pergi.

"Penduduk desa langsung mencari bocah tersebut. Satu jam kemudian mayat anak laki-laki ditemukan tergeletak sekitar 100 meter dari desa setempat," ungkap Ayush, seperti dilansir ZeeNews, Senin (11/3/2013).

Departemen Kehutanan India langsung mengeluarkan perintah untuk memburu dan membunuh macan tutul yang menyerang bocah tersebut.

Petugas margasatwa menjelaskan, macan tutul dan beruang sering berkeliaran ke daerah permukiman untuk mencari makan. Namun, kehadiran manusia membuat mereka merasa tidak aman, sehingga mereka memilih untuk menyerang manusia.

"Kadangkala, hewan itu diserang oleh warga desa yang ketakutan sebagai pembalasan yang juga terbukti mematikan buat mereka," ujar petugas tersebut.

Ada hukum ketat di wilayah tersebut yang melarang manusia membunuh hewan buas. Ahli margasatwa mengatakan, urbanisasi massal, penggundulan hutan, berkurangnya lahan hutan, hilangnya zona penyangga di hutan dan diambilnya tanaman obat adalah beberapa alasan yang menjadi penyebab meningkatnya konflik antara manusia dan hewan.

Kejadian ini merupakan yang kesekian kalinya. Tahun 2012, beberapa orang tewas dalam konflik manusia-hewan di wilayah tersebut. (Riz)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.